Ingin amal jariah mendukung dakwah Islam Ahlus Sunnah di media sosial? Thayyib. Klik di sini sekarang!

Rincian Batasan Ketaatan terhadap Penguasa (Bag. 2)

Oleh Syaikh Abu Fihr al-Muslim

Segala apapun bencana dan musibah yg menimpa masyarakat lebih ringan dibandingkan hukum seorang penguasa dzolim yg menelantarkan hak dan pemilik hak tersebut.

Membiarkan masyarakat dalam keadaan tidak memiliki pemimpin yg menyatukan mereka di atas kebenaran atau kebatilan lebih baik dibandingkan bersatunya mereka utk mengesahkan seorang penguasa yg menjadi penolong org-org dzolim, menjadi pelindung dan markaz mereka, dan menjadi penjaga bagi murtaddin yg menampakkan kemurtadannya.

Imam al-Juwainiy -rohimahullah- di dalam kitabnya (Ghiyaats al-Umam) berkata :

"فأما إذا تواصل منه -الإمام- العصيان، وفشا منه العدوان، وظهر الفساد، وزال السداد، وتعطلت الحقوق والحدود، وارتفعت الصيانة، ووضحت الخيانة، واستجرأ الظلمة..

“Jika seandainya melalui penguasa terbukanya kemaksiatan, tersebarnya kedzoliman, tampaknya kerusakan, hilangnya keadilan, berhentinya hukum syariat, hilangnya bentuk keadilan, tampak jelasnya pengkhianatan, dan mulai banyaknya orang-orang dzolim menampakkan taring-taringnya.."

ولم يجد المظلوم منتصفًا ممن ظلمه، وتداعى الخلل والخطل إلى عظائم الأمور، وتعطيل الثغور؛ فلا بد من استدراك هذا الأمر المتفاقم..

“Dan juga ketika orang yg terdzolimi tidak dapat mendapatkan keadilan yg akan mengadili org yg mendzoliminya, sampai-sampai kerusakan-kerusakan ini semua tersebar dan menular secara global, bahkan sampai juga ditiadakannya ribath dan jihad; maka saat itulah wajib untuk segera dihentikan perkara buruk yg bersifat global ini.”

وذلك أن الإمامة إنما تُعنى لنقيض هذه الحالة، فإذا أفضى الأمر إلى خلاف ما تقتضيه الزعامة والولاية، فيجب استدراكه لا محالة! وترك الناس سُدى، مُلتطمين لا جامع لهم على الحق والباطل؛ أجدى عليهم من تقريرهم على اتباع مَن هو عون الظالمين، وملاذ الغاشمين، وموئل الهاجمين، ومعتصم المارقين الناجمين".

"Hal demikian dikarenakan kepemimpinan islam ditujukan untuk menghalau dan menghentikan segala apapun kerusakan yg tergambarkan di atas. Jikalau seandainya kepemimpinan islam yg dipegang penguasa fulan menyebabkan kerusakan global, maka wajib untuk segera dicegah! karena membiarkan masyarakat dalam keadaan tidak memiliki pemimpin yg menyatukan mereka di atas kebenaran atau kebatilan lebih baik dibandingkan bersatunya mereka utk mengesahkan seorang penguasa yg menjadi penolong org-org dzolim, menjadi pelindung dan markaz mereka, dan menjadi penjaga bagi murtaddin yg menampakkan kemurtadannya”

Alih bahasa : Abu Musa al-Mizzy

Alfatawa.ID | @alfatawaid